PROFIL PRODUK NID’S SERTA ANALISIS SWOTNYA TERHADAP PRODUK LAIN

Posted: Juni 26, 2010 in Uncategorized

PROFIL PRODUK NID’S SERTA ANALISIS SWOTNYA TERHADAP PRODUK LAIN

  1. A. Identifikasi Data
    1. Data Produk
  • Nama Produk

Produk pembalut wanita baru bernama Nid’s.

  • Pengelola

Produsen pembalut merk Nid’s adalah PT. Victorindo dengan pemilik sekaligus penanggung jawab perusahaan adalah Ibu Dewi Purnama, SE. Pengelolaan perusahaan dibantu 20 orang staff tetap yang bertindak sebagai kepala bagian produksi, kepala bagian pemasaran, kepala bagian keuangan, kepala bagian teknik, kepala bagian umum dengan masing-masing anggota di bawah kepala bagian. Karyawan bagian produksi mulai dari proses pembuatan, pengepakan hingga siap dipasarkan saat ini berjumlah sekitar 100 orang karyawan.

  • Lokasi

Pabrik terletak di jalan Raya Beji Bangil, kurang lebih 2 kilometer dari gerbang tol Gempol dengan lahan seluas 2 hektar. Bila ditinjau dari beberapa aspek, pemilihan lokasi pabrik cukup strategis. Dari aspek bahan baku yang paling utama adalah pulp, yang ternyata masih dominan diimpor dari berbagai negara terutama Amerika, Kanada dan Singapura. Bahan lainnya juga masih diimpor. Lokasi perusahaan tidak terlalu jauh dari bandara sehingga memudahkan perolehan bahan baku. Mengenai transportasi, perusahaan tidak mengalami kesulitan karena terletak di jalan raya yang mudah dijangkau. Selain itu perusahaan mempunyai sarana transportasi sendiri sehingga membantu menekan pengeluaran biaya untuk mengangkut bahan baku maupun mendistribusikan produknya. Karena perusahaan dekat dengan pemukiman penduduk maka dapat dengan mudah mencari tenaga kerja dengan gaji yang relatif lebih rendah daripada tenaga kerja dari kota. Fasilitas penunjang seperti listrik, air dan jaringan telepon juga telah tersedia di lokasi tersebut.

  • Potensi Produk

Sebagai pembalut yang baru akan diluncurkan, Nid’s memiliki keunggulan dibanding pembalut lain yang sudah ada saat ini. Spesifikasi Nid’s secara terperinci adalah sebagai berikut :

–          Nid’s mengandung sinar infra merah yang dapat menghambat aktivitas bakteri dan bau anyir sehingga tetap aman dan nyaman walau dipakai selama sehari penuh serta dapat memancarkan rasa hangat pada perut bagian bawah untuk mengurangi nyeri tanpa melembabkan pembalut.

–          Panjang 27 cm dengan ketebalan hanya 2 mm sehingga memungkinkan konsumen memakainya baik siang maupun malam tanpa terlihat menonjol meskipun memakai bawahan yang ketat dengan daya tampung besar dan menjamin anti bocor meski dipakai saat cairan yang dikeluarkan banyak.

–          Terdiri dari 2 pilihan jenis yaitu yang bersayap dan tanpa sayap yang keduanya dilengkapi struktur bantalan anti kerut ditengahnya sehingga tidak mudah berkerut dan mencegah kebocoran samping.

–          Memiliki pori-pori yang besar dan dalam serta dilengkapi dengan jel sehingga dapat menyerap cairan secara cepat dan mencegah cairan mengenai kulit yang dilapisi oleh bahan non woven sehingga permukaan tetap halus dan lembut.

–          Dengan hip guard yang panjang dan lebar mencegah tembus belakang.

–          Mengikuti bentuk tubuh pemakai dan memiliki perekat yang merekat sempurna pada celana dalam untuk mencegah pembalut bergeser meskipun sedang aktif bergerak.

–          Setiap helai dikemas secara khusus sehingga lebih higienis.

–          Terdiri dari kemasan isi 5, 10 dan 20 buah.

  1. Data Pemasaran
  • Potensi Pasar

Pembalut wanita dalam beberapa tahun terakhir ini, tumbuh cukup pesat yang berdampak terhadap struktur pasar dan industrinya. Pasarnya yang dahulu dimonopoli oleh suatu perusahaan dan produk-produk impor, sekarang telah berhasil digeser oleh beberapa produk lokal sementara struktur industri yang semula berskala kecil kini menjadi berskala menengah besar. Semakin meningkatnya jumlah wanita di Indonesia (menurut sensus penduduk tahun 2000 jumlah wanita sebanyak 101.625.816 orang, jumlah pemakai pembalut sebanyak 53.213.900 orang dengan rata-rata pertumbuhan konsumsi 6,9 % pertahun) yang didukung oleh kemajuan pendidikan dan pola pikir masyarakat membuat masyarakat menerapkan pola hidup yang praktis dan higienis dengan mengutamakan kenyamanan. Begitu juga dalam pemilihan pembalut wanita, pola hidup yang seperti itu memperluas kesempatan bagi produsen pembalut wanita untuk memproduksi pembalut yang bisa menjawab keinginan konsumennya. Nid’s sebagai pembalut wanita baru memberikan pilihan bagi konsumen dengan keunggulan yang lebih dibanding pembalut yang lain. Diharapkan dengan kehadiran Nid’s yang memiliki pasar lebih tersegmentasi, konsumen dengan segmen yang dituju mendapat jawaban dari pembalut yang selama ini diinginkannya.

  • Produk yang Dipasarkan

Produk pembalut wanita yang akan dipasarkan terdiri dari 2 jenis pembalut wanita, yaitu :

–          Nid’s wing type yaitu pembalut yang bersayap

–          Nid’s reguler yaitu pembalut tanpa sayap

  • Posisi Produk

Posisi produk saat ini masih dalam tahap proses pengenalan melalui beberapa perencanaan promosi yang akan dilakukan.

  • Pesaing

Di Indonesia terdapat beberapa produsen pembalut wanita yang cukup terkenal, yaitu : Softex, Hers, Honeysoft, Laurier, Whisper, Kotex, dan Charm. Di antara 7 produk tersebut, merk pembalut yang paling populer dan disukai karena beberapa alasan (pembalut yang dipakai, merk sudah lama ada, iklannya banyak) adalah Charm, kemudian Laurier dan Softex. Untuk pesaing pembalut baru Nid’s, dipilihlah 3 merk paling terkenal tersebut.

  • Sarana Komunikasi Visual yang Telah Ada

Sarana komunikasi visualnya masih dalam proses perencanaan.

  1. B. Analisis SWOT

ü      Analisis SWOT (Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats) atau di-Indonesiakan menjadi analisis KEKEPAN (Kekuatan-Kelemahan-Kesempatan-Ancaman) sudah sangat umum dikenal dan mudah untuk dilakukan.

ü      ANALISIS SWOT adalah suatu bentuk analisis situasi dengan mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis terhadap kekuatan-kekuatan (Strengths) dan kelemahan-kelemahan (Weaknesses) suatu organisasi dan kesempatan-kesempatan (Opportunities) serta ancaman-ancaman (Threats) dari lingkungan untuk merumuskan strategi organisasi.

ü      KEKUATAN (Strengths) adalah kegiatan-kegiatan organisasi yang berjalan dengan baik atau sumber daya yang dapat dikendalikan.

ü      KELEMAHAN (Weaknesses) adalah kegiatan-kegiatan organisasi yang tidak berjalan dengan baik atau sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi tetapi tidak dimiliki oleh organisasi.

ü      KESEMPATAN (Opportunities) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang positif.

ü      ANCAMAN (Threatss) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang negatif.

Jenis-Jenis Analisis SWOT

1. Model Kuantitatif

Sebuah asumsi dasar dari model ini adalah kondisi yang berpasangan antara S dan W, serta O dan T. Kondisi berpasangan ini terjadi karena diasumsikan bahwa dalam setiap kekuatan selalu ada kelemahan yang tersembunyi dan dari setiap kesempatan yang terbuka selalu ada ancaman yang harus diwaspadai. Ini berarti setiap satu rumusan Strength (S), harus selalu memiliki satu pasangan Weakness(W) dan setiap satu rumusan Opportunity (O) harus memiliki satu pasangan satu Threath (T).

Kemudian setelah masing-masing komponen dirumuskan dan dipasangkan, langkah selanjutnya adalah melakukan proses penilaian. Penilaian dilakukan dengan cara memberikan skor pada masing -masing subkomponen, dimana satu subkomponen dibandingkan dengan subkomponen yang lain dalam komponen yang sama atau mengikuti lajur vertikal. Subkomponen yang lebih menentukan dalam jalannya organisasi, diberikan skor yang lebih besar. Standar penilaian dibuat berdasarkan kesepakatan bersama untuk mengurangi kadar subyektifitas penilaian.

2. Model Kualitatif

Urut-urutan dalam membuat Analisa SWOT kualitatif, tidak berbeda jauh dengan urut-urutan model kuantitatif, perbedaan besar diantara keduanya adalah pada saat pembuatan subkomponen dari masing-masing komponen. Apabila pada model kuantitatif setiap subkomponen S memiliki pasangan subkomponen W, dan satu subkomponen O memiliki pasangan satu subkomponen T, maka dalam model kualitatif hal ini tidak terjadi. Selain itu, SubKomponen pada masing-masing komponen (S-W-O-T) adalah berdiri bebas dan tidak memiliki hubungan satu sama lain. Ini berarti model kualitatif tidak dapat dibuatkan Diagram Cartesian, karena mungkin saja misalnya, SubKomponen S ada sebanyak 10 buah, sementara subkomponen W hanya 6 buah.

Sebagai alat analisa, analisa SWOT berfungsi sebagai panduan pembuatan peta. Ketika telah berhasil membuat peta, langkah tidak boleh berhenti karena peta tidak menunjukkan kemana harus pergi, tetapi peta dapat menggambarkan banyak jalan yang dapat ditempuh jika ingin mencapai tujuan tertentu. Peta baru akan berguna jika tujuan telah ditetapkan. Bagaimana menetapkan tujuan adalah bahasan selanjutnya yaitu membangun visi-misi organisasi atau program.

Analisis SWOT Terhadap Produk

Nid’s Charm Laurier Softex
Strenghts

Inovasi dengan adanya kandungan sinar infra merah, pembalut tipis hanya 2 mm serta didukung benefit lainnya

Tingkat pengenalan konsumen yang tinggi, positioning yang kuat, disukai konsumen, memiliki target market yang pasti dan didukung merk yang kuat Tingkat pengenalan konsumen yang tinggi, back up perusahaan yang kuat, iklan yang selalu diperbarui dan sering tayang, merk yang kuat Tingkat pengenalan konsumen yang tinggi, merk yang kuat, pembalut pertama di Indonesia, harga yang relatif lebih murah
Weakness

Konsumen belum banyak mengenal secara mendalam

Belum ada inovasi berlanjut dalam produk Daya tampung dan daya tahan yang kurang untuk sepanjang hari Kurang nyaman dan kurang disukai oleh kalangan remaja
Opportunities

Pertumbuhan jumlah wanita usia subur di Indonesia yang terus meningkat hingga membuka kesempatan bagi produk baru, semakin meningkatnya kesadaran akan kesehatan dan kenyamanan, memberi pilihan bagi konsumen yang gemar mencoba hal baru

Pertumbuhan jumlah wanita usia subur membuat produk dapat terus bertahan dengan pasarnya serta dapat mulai membidik konsumen remaja aktif Pertumbuhan jumlah wanita usia subur membuat produk dapat terus bertahan dengan pasarnya yang lebih luas bukan hanya kalangan remaja Pertumbuhan jumlah wanita usia subur membuat produk dapat terus bertahan dengan segmentasi yang lebih luas, mungkin dapat merambah kalangan menengah ke bawah
Threats

Banyaknya produsen baru yang akan muncul dalam bisnis pembalut wanita yang tampaknya semakin berkembang serta produsen lama yang gencar beriklan

Banyaknya produsen baru yang akan muncul dalam bisnis pembalut wanita yang tampaknya semakin berkembang serta produsen lama yang gencar beriklan Banyaknya produsen baru yang akan muncul dalam bisnis pembalut wanita yang tampaknya semakin berkembang serta produsen lama yang gencar beriklan Banyaknya produsen baru yang akan muncul dalam bisnis pembalut wanita yang tampaknya semakin berkembang serta produsen lama yang gencar beriklan
  1. C. Kesimpulan
  • Peran merk sangat penting untuk mengingatkan konsumen terhadap suatu produk dan didukung oleh bentuk dan warna kemasan yang unik untuk menarik perhatian konsumen selain keunggulan yang dimiliki produk yang membedakan dan memberikan kelebihan dibandingkan pembalut lain.
  • Nid’s memakai iklan TV, majalah, tabloid, biliboard, poster dan media promosi lainnya.
  • Untuk mengenalkan pembalut wanita baru hingga dapat mempengaruhi konsumen melakukan pembelian dibutuhkan strategi komunikasi yang baik terutama melalui iklan yang dibantu media promosi lainnya seperti sampling yang memungkinkan konsumen mencoba produk baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s